Jumat, 15 November 2024

BAB III 

Kebijakan dan Perencanaan Sistem 

Proses perencanaan sistem dibagi dalam 3 proses utama yaitu; 

1. Merencanakan proyek-proyek sistem, meliputi : 

  a. Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan 
      Perencanaan sistem harus sejalan dengan tujuan perusahaan. Ini berarti perencanaan sistem harus
      diarahkan untuk dapat merencanakan sistem informasi yang dapat mendukung kegiatan organisasi
      secara keseluruhan sehingga tujuan perusahaan akan tercapai Mengkaji tujuan, perencanaan strategi
      dan taktik perusahaan  

 b. Mengidentifikasi proyek - proyek sistem 
     Menentukan proyek-proyek sistem informasi yang dibutuhkan dalam suatu organisasi
     Contoh : Dalam perusahaan bisnis proyek-proyek sistem informasi dapat berupa sistem informasi
                    untuk :
                    - pengendalian penjualan dan pemasaran
                    - pengendalian distribusi
                    - pengendalian produksi
                    - pengendalian keuangan
                    - pengendalian persediaan

c. Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
   Sasaran ini merupakan apa yang ingin dicapai oleh masing-masing proyek sistem
   Contoh : Sistem informasi penjualan; memiliki sasaran :
                - Memberikan pelayanan order kepada pelanggan dengan lebih baik
                - Meningkatkan volume penjualan 
                - Menyediakan laporan penjualan yang tepat waktu kepada manajer marketing

d. Menetapkan kendala proyek-proyek sistem Ada 3 faktor kendala :
    - Masalah dana
    - Masalah waktu
    - Mengenai batasan peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut

e. Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
   Yaitu menentukan proyek-proyek sistem mana yang perlu dikembangkan terlebih dahulu, tentunya
   proyek-proyek sistem yang sangat diperlukan dan mendesak harus diprioritaskan

f. Membuat laporan perencanaan sistem
   Isi dari laporan perencanaan sistem tersebut adalah :
  - Latar belakang organisasi - Proyek sistem informasi yang direncanakan
 - Sasaran pengembangan sistem informasi
 - Kendala di dalam pengembangan sistem informasi
 - Menentukan prioritas-prioritas proyek sistem informasi

g. Meminta persetujuan manajemen


2. Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan meliputi:
    a. Menunjuk team analis
    b. Mengumumkan proyek pengembangan sistem

3. Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan, meliputi :
    a. Melakukan studi kelayakan Studi kelayakan :

       Suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan apakah pengembangan proyek sistem layak
       diteruskan atau tidak

    b. Menilai kelayakan proyek sistem
      a. Kelayakan teknik :
         - ketersediaan teknologi yang digunakan
         - ketersediaan staf ahli di dalam mengoperasionalkan teknologi yang digunakan
      b. Kelayakan operasi :
        - kemampuan personil dalam mengoperasikan sistem informasi yang dibuat
        - kemampuan dari sistem informasi untuk menghasilkan informasi
     c. Kelayakan jadwal : Apakah sistem informasi yang dikembangkan sesuai dengan jadwal yang
        telah ditentukan
    d. Kelayakan ekonomi :
       - besarnya dana yang diperlukan untuk pengembangan sistem
       - manfaat yang diperoleh oleh sistem informasi dibandingkan dengan biaya perkembangannya
   e. Kelayakan hukum :
       Apakah sistem yang akan dikembangkan tidak menyimpang dari hukum yang berlaku

c. Membuat usulan proyek sistem
d. Meminta persetujuan manajemen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB VII

BAB VII DESAIN SISTEM SECARA UMUM Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sis...