BAB I
Konsep Dasar
I.1 Konsep Dasar Sistem
1. Definisi Sistem : Kumpulan unsur-unsur yang saling berinteraksi satu dengan yang lain
untuk
menghasilkan tujuan,
2. Karakteristik Sistem : sifat-sifat khusus yang dimiliki oleh sistem
1. Komponen Sistem
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang berarti
saling bekerja
sama membentuk satu kesatuan.
2. Batas Sistem
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem
yang lainnya
atau dengan lingkungan luarnya.
3. Lingkungan Luar
Sistem
Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang
mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan
dan
merugikan.
4. Penghubung Sistem
Penghubung
sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan
subsistem yang lain.
5. Masukan Sistem
Masukan
adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa
masukan perawatan dan
masukan sinyal. Masukan perawatan adalah energi yang
dimasukkan supaya sistem tersebut dapat
dioperasikan. Masukan sinyal adalah energi
yang diproses untuk didapatkan keluaran.
6. Keluaran Sistem
Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran
yang berguna dan sisa pembuangan.
7. Pengolah Sistem
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukan
menjadi
keluaran.
8. Tujuan Sistem
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan. Kalau suatu sistem tidak mempunyai tujuan,
maka operasi
sistem tidak akan ada gunanya.
3. Klasifikasi Sistem
Sistem dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:
- Sistem Abstrak X Sistem Fisik Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Contoh : Sistem Teologi yang menerangkan hubungan manusia dengan Tuhan. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Contoh : Sistem Komputer, Sistem Keuangan
- Sistem Alamiah X Sistem Buatan Manusia Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam tidak tidak dibuat oleh manusia. Contoh pada sistem alamiah: sistem peredaran bumi. Sedangkan sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. Contoh: sistem robotika
- Sistem DZeterministik X Sistem Probabilistik Sistem deterministik adalah sistem yang berinteraksi antara bagiannya yang dapat diprediksi secara pasti. Contoh: sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik adalah sistem yang tidak bisa diprediksikan secara pasti. Contoh: sistem manusia
- Sistem Tertutup X Sistem Terbuka Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luar. Contoh : tabung reaksi. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh oleh lingkungan luar. Contoh : sistem organisasi.
I.2 Konsep Dasar Informasi
1.Definisi Data & Informasi: Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi
penerimanya
2.Siklus Informasi :
3. Contoh Penggunaan Data dan Informasi yang dihasilkan pada perancangan sistem informasi
1. Mutu Informasi
a.Kualitas informasi tergantung dari 3 (tiga) hal :
1. Informasi harus akurat : informasi harus terbebas dari kesalahan-kesalahan,
tidak bias dan
tidak menyesatkan
2. Informasi harus tepat waktu : informasi yang datang kepada penerimanya tidak
boleh
mengalami keterlambatan
3. Informasi harus relevan : informasi memiliki manfaat bagi penerimanya
b.Nilai informasi ditentukan oleh 2 (dua) hal :
1. Manfaat dari informasi tersebut
2. Biaya untuk mendapatkan informasi
I.3 Konsep Dasar Sistem Informasi
1. Definisi Sistem Informasi
Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
2.Komponen-Komponen Sistem Informasi:
A. HARDWARE : media input, media proses, media output, media simpanan luar
B. SOFTWARE : sistem operasi, bahasa pemrograman, paket aplikasinya
C. DATABASE : Kumpulan File-File yang saling berhubungan.
Tingkatan Data: character, field: NIM-> 12345, Record #1->
NIM, Nama_MHS, Prodi, Fakultas. File-> MHS #1 s/d #499
D.PROSEDUR : alur kerja dari sebuah sistem. Ruang Lingkup Sistem.
Tentukan Ruang Lingkup Sistem pada perancangan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa
Baru Pada Univ. Muhammadiyah Cirebon.
1. Pendaftaran Mhs Baru
2. Pengecekan Persyaratan Pendaftaran
3. Penyeleksian Mhs Baru
4. Penerimaan Mhs Baru
5. Registrasi Ulang
6. Penentuan Program Studi
7. Pembagian Kelas
3. Peranan Sistem Informasi Bagi Manajemen:
1. Dapat mendukung dalam pengambilan keputusan
2. Dapat mendukung kegiatan manajemen
Yang termasuk ke dalam kegiatan manajemen adalah:
1. Perencanaan strategis
a. Proses evaluasi lingkungan luar organisasi : harus mampu bereaksi terhadap kesempatan
kesempatan dari lingkungan luar dan tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan
luar.
b. Penetapan tujuan
Tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi. Tujuan ditetapkan oleh manajemen
tingkat atas di dalam proses perencanaan strategis yang bersifat jangka panjang.
c. Penentuan strategis
Menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud
untuk mencapai tujuan-tujuannya.
2. Pengendalian manajemen
Yaitu proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah
ditetapkan dengan efektif dan efisien.
3. Pengendalian operasi
Yaitu proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara
efektif dan efisien.
3.Komponen-Komponen Sistem Informasi.
1. Perangkat Keras (Hardware).
a. Media Input: keyboard, mouse, scanner
b. Media Proses: prosessor
c. Media Output: monitor, printer
d. Media Simpanan Luar: harddisk, flashdisk, compact disk
2.Perangkat Lunak (Software)
a.Sistem Operasi: Windows
b.Bahasa Pemrograman: PHP
c.Perangkat Aplikasi: visio, flash, dreamweaver
3.Prosedur: tahapan kerja dari sistem. Ruang lingkup sistem informasi akademik berbasis
web: prosedur pengajuan KRS, prosedur kegiatan belajar mengajar, prosedur
pengolah data nilai, prosedur pembuatan laporan dll.
Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Android: prosedur pendaftaran, login,
pemesanan order, konfirmasi barang dll.
4.Penggunaan Basis Data: mata_kuliah, dosen, mahasiswa, nilai, jadwal, ruang_kuliah,
presensi_dosen, presensi_mhs, KRS dsb.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android: supplier, konsumen, sales,
produk, pemesanan, konf_order, penjualan, pembayaran, konf_bayar, kirim, konf_kirim dll
5.Hak Akses Admin & User.
Admin: staf di bagian akademik, staf di bagian keu, staf di fakultas, staf di prodi
User: mahasiswa, dosen, kaprodi, dekan dll
Tingkatan Data
a. Character
b. Field
c. File
d. Database

Tidak ada komentar:
Posting Komentar